Hubungi Kami

Informasi lengkap anda dapat menghubungi kami melalui

email saifuddinaman@gmail.com
phone 0857 7900 817
bb --------------
 
Rekening Kami
0392 0101 8973 501 (an H SAIFUDDIN AMAN)
0014788608 (an SAIFUDDIN AMAN H)
2281317824 (an H SAIFUDDUN AMAN)
 
Visitor
Flag Counter
Islam Yang Lengkap
Tanggal Posting : Selasa, 20 Oktober 2015
Pengirim : H Saifuddin Aman - dibaca 631 kali

ISLAM KAFFAH
DAN DIMENSI AGAMA

Saya ilustrasikan kepada panjenengan tentang sebuah kotak segi empat.Sisi satu warna merah, sisi dua warna putih, sisi tiga warna kuning, sisi empat warna biru.
Yang ada di depan, coba lihat warna apa ini?
Yang ada di samping kanan, lihat warna apa ini?
Yang ada di samping kiri, lihat warna apa ini?
Yang ada di belakang, lihat warna apa ini?

Kita hanya bisa melihat satu warna, karena kita berdiri di satu sisi atau satu posisi. Coba masing-masing bergesar ke tampat yang berbeda, pasti kita akan melihat warna lain di sisi yang lain selain sisi yang kita lihat pada saat di satu pisisi tadi.

Sama seperti kita beragama. Mestinya kita melihat Agama dari semua sisinya. Mengapa harus melihat semua sisi? Karena kalau kita hanya melihat satu sisi, kita hanya melihat satu warna. Lalu kita merasa warna itulah yang paling benar, sehingga kita tidak mengakui pandangan orang lain yang berdiri pada posisi lain dan melihat warna lain. Sama seperti orang buta yang menyebut gajah itu kecil buntet, karena dia hanya meraba buntutnya. Orang buta lain akan mengatakan, gajah itu seperti tampah, karena dia hanya memegang telinganya. Orang buta lain mengatakan gajah itu seperti bambu besar karena hanya memegang kakinya.

Islam ini agama rahmat. Islam duturunkan untuk seluruh semesta alam, tidak terkecuali orang-orang kafir dan penentang agama. Allah berfirman:
وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ ﴿سبإ: ٢٨﴾
فَإِن كَذَّبُوكَ فَقُل رَّبُّكُمْ ذُو رَحْمَةٍ وَاسِعَةٍ وَلَا يُرَدُّ بَأْسُهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ ﴿الأنعام: ١٤٧﴾
Maka agat kita mendapatkan rahmat dan menjadi penebar rahmat bagi makhluk lain, kita harus beragama secara kaffah. Allah berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ ﴿البقرة: ٢٠٨﴾
Untuk memahami dan mengaplikasikan ajaran agama secara menyeluruh, kita harus menyadari bahwa agama ini mempunyai sisi-sisi yang banyak. Setidaknya ada 5 dimensi agama. Yaitu:
1.Dimensi teologikal, sisi ketuhanan atau aqidah, pengenalan kepada Tuhan.
2.Dimensi ritual, sisi ibadah, amalan-amalan dan zikir.
3.Dimensi mistikal, sisi di mana seseorang bisa menemukan makna yang dicari dan menemukan rasa keindahan.
4.Dimensi intelektual, sisi ilmu dan pengetahuan yang melibatkan peran akal.
5.Dimensi sosial, sisi keberpihakan kepada kemanusiaan.

Keberagaam Anda akan sempurna manakala Anda menjalankan semua sisi. Di situ Ana menjadi orang yang sangat bijaksana dan tidak akan pernah merasa paling benar. Tetapi keberagamaan Anda akan pincang, makalaka Anda hanya berkutat di satu sisi. Orang yang beraliran keras dan radikal, biasanya hanya melihat atau memahami agama dari satu sisi.

Kajian terkait

Halaman 1


 
Copyright © 2015 saifuddinaman.com All Rights Reserved
Web Development by YOGYAweb